Panduan Perjalanan Penting Palawan 2022: Coron atau El Nido

(Diperbarui April 2022)

Artikel ini ditulis oleh Big Dream Boatman, Tur Peringkat #1 /Operator ekspedisi di TripAdvisor yang mengkhususkan diri dalam ekspedisi 3 malam untuk merasakan kehidupan pulau yang sebenarnya, Coron-El Nido dan Coron-Coron.

Ah pertanyaan kuno! Jika Anda sudah mulai melakukan penelitian tentang pergi ke Palawan, Anda mungkin telah menyadari sekarang bahwa ada dua tempat utama yang 'harus Anda kunjungi: Coron dan El Nido.

Saya pikir mungkin bermanfaat untuk memberi Anda pandangan tentang apa yang ditawarkan kedua tempat tersebut. Meskipun ekspedisi kami difokuskan di sekitar Coron dan Kepulauan Calamian, pandangan ini dimaksudkan untuk tidak memihak berdasarkan pengalaman saya sendiri dan pengalaman wisatawan lain dengan semua keahlian 5* perusahaan Trip Advisor .

Jika Anda berencana bepergian ke Palawan suatu saat, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook atau Instagram untuk tetap mendapatkan informasi terbaru apa yang terjadi di sini dan untuk tips terbaru tentang area tersebut, ikon FB dan IG ada di bagian bawah halaman ini :).

1. El Nido

Dari keduanya, jika Anda hanya pernah mendengar salah satunya, kemungkinan besar itu adalah El Nido. Alasannya cukup sederhana, lebih banyak orang telah ada di sana. Ini lebih besar, memiliki lebih banyak hotel dan pilihan untuk turis daripada Coron dan juga memiliki lebih banyak pulau untuk dikunjungi. Ini memiliki Pantai Napcan yang sangat ideal jika Anda menginginkan hamparan pasir dan air yang menakjubkan meskipun berhati-hatilah karena ombaknya bisa sangat besar!

El Nido Napcan Beach

Sangat tidak mungkin Anda akan tinggal di dekat Pantai Napcan, jadi bersiaplah untuk naik sepeda roda tiga berbatu selama 40 menit untuk sampai ke sana. Jika Anda sedikit lebih suka berpesta maka pantai Las Cabanas cocok untuk Anda, juga merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam atau melakukan zip wire melintasi lautan. Secara keseluruhan, jika Anda hanya muncul di Coron atau El Nido tanpa rencana, Anda akan menemukan lebih banyak hal untuk dilakukan di El Nido.

El Nido Zip Wire

Kerugian bagi saya ketika saya pergi adalah terlalu banyak orang untuk atraksi. Saya memesan tur pribadi dalam upaya untuk menghindari kapal umum ketika akan melihat semua laguna dan itu hanya penuh sesak. Ke mana pun Anda pergi, penuh dengan asap dari semua kapal yang memasak ayam dan orang-orang yang mencoba untuk mendapatkan Instagram yang sempurna, itu benar-benar tidak dapat dihindari.

Ada resor El Nido yang jika anggaran Anda dapat melebihi saya akan mengatakan layak untuk dikunjungi, mereka adalah serangkaian Resor 5* Ramah Lingkungan yang benar-benar cukup sensasional.

El Nido Resorts

2. Koron

Saya tidak pernah mendapat kesempatan untuk pergi ke El Nido sebelum tahun 2000 ketika itu kurang populer, meskipun jika saya melakukannya saya akan membayangkan seperti apa Coron sekarang.

Coron jauh lebih kecil daripada El Nido, tidak memiliki pilihan pantai di pulau tersebut seperti saingannya yang lebih besar, namun yang ada adalah perasaan ketulusan dan ketenangan yang lebih damai. Tempat ini juga memiliki tempat seperti Pemandian Air Panas Maquinit yang merupakan cara terbaik untuk mengakhiri hari Anda.

Maquinit Hot Spring Coron

Serupa dengan El Nido, orang tidak benar-benar pergi ke Coron untuk kota dan kami menulis tentang mengapa Anda gila menginap di hotel di Coron, lebih untuk melihat danau dan pemandangan di sekitarnya yang sangat indah. Anda akan mendengar banyak perbandingan antara danau dan pemandangan mana yang lebih baik, dan jawaban jujur ​​bagi saya adalah keduanya tidak dapat dipercaya. Perbedaan antara keduanya bagi saya adalah siapa lagi yang ada di sekitar.

Begitu Anda sampai di Coron, Anda masih menghadapi masalah perahu wisata umum yang berarti Danau Kayangan, Laguna Kembar, dll.bisa menjadi penuh sesak tetapi tidak pernah mencapai tingkat yang sama seperti El Nido

Kayangan Lake Coron

Dan keindahan Coron yang sebenarnya bagi saya adalah di pulau-pulau sekitarnya, seperti Pulau Pass.

Pass Island

Karena tidak ada operator tur atau hotel di Pulau Pass, cukup sulit untuk pergi ke sana dan kembali dalam satu hari. Jadi, kecuali Anda melakukan ekspedisi kami di mana Anda bermalam di Pulau Pass, waspadalah terhadap hal ini.

Jadi secara keseluruhan bagi saya jika saya harus memilih Coron menang. Tentu saja saya harus mengatakan itu karena saya menjalankan perusahaan tur di Coron, jadi jangan ragu untuk mengabaikan semua yang saya katakan, tetapi semua informasi di atas didasarkan pada pengalaman saya sendiri.

Saran jujur ​​saya adalah pergi ke keduanya dan buat penilaian Anda sendiri! Itulah yang saya lakukan dan cukup mudah untuk pergi ke keduanya, itu benar-benar tidak harus menjadi salah satu/atau kecuali Anda sangat dibatasi oleh waktu. Kedua tempat itu ajaib dengan caranya sendiri, jadi jika Anda bisa, mengapa tidak mengalami semuanya?

Saya harap informasi ini bermanfaat, jika Anda berpikir untuk pergi ke Coron dan tertarik untuk melakukan tur 3 atau 4 hari di sekitar Coron dan Kepulauan Calamian, dengan berkemah pulau semalam, putuskan hubungan total dengan sangat sedikit turis lalu lihat Tur Pribadi kami, atau daftar untuk Tur Pengalaman Grup kami.

Mencapai Coron/El Nido

Perjalanan dari Manila atau Cebu ke Coron:

• Anda dapat naik pesawat pribadi berkapasitas 120 tempat duduk dari Manila atau Cebu yang terbang langsung ke Coron. Maskapai yang beroperasi adalah AirSwift, Cebu Pacific dan semakin hari semakin banyak yang ditambahkan. Biaya penerbangan pulang pergi dari Manila atau Cebu sekitar $150 USD.

Perjalanan dari Manila atau Cebu ke El Nido:

• Anda dapat naik pesawat pribadi berkapasitas 120 tempat duduk dari Manila atau Cebu yang terbang langsung ke El Nido. Maskapai yang beroperasi adalah AirSwift. Biaya penerbangan pulang pergi dari Manila atau Cebu sekitar $150 USD.
  • Pilihan yang lebih murah adalah terbang ke Princess Puerta dan kemudian naik bus 6 jam ke El Nido. Saya pribadi tidak akan merekomendasikan ini jika Anda dapat menghindarinya, Putri Puerta benar-benar tidak memiliki terlalu banyak untuk ditawarkan.

Bepergian ke Coron Dari El Nido dan sebaliknya:

• Jika Anda bepergian dari El Nido, Anda memiliki dua pilihan feri cepat atau lambat. Feri cepat meninggalkan Coron sekitar pukul 6 pagi dan memakan waktu antara 3-4 Jam.
  • Feri lambat berangkat sekitar jam 8 pagi dan bisa memakan waktu hingga 9 Jam.
  • Kesepakatan yang sama jika Anda bepergian ke arah lain, cukup periksa waktu feri :).

Ekspedisi

• Kami menawarkan ekspedisi 3 malam Coron ke El Nido dan El Nido ke Coron
  • Kami menerima sertifikat keunggulan
  • Kami adalah perusahaan tur dengan rating tertinggi dalam trip advisor

Keamanan Di Palawan

Penduduk setempat, terutama di Coron tempat kami berada, sangat berterima kasih kepada turis yang mengunjungi daerah tersebut dan secara pribadi telah melakukan perjalanan hampir ke semua tempat di Asia Tenggara, saya merasa paling aman saat berjalan di jalan pada malam hari di Coron, serta El Nido. Meskipun, saya menemukan anjing lebih ramah di Coron.

Saya harap informasi ini bermanfaat, jika Anda berpikir untuk pergi ke Coron dan tertarik untuk melakukan ekspedisi 3 atau 4 hari di sekitar Coron dan Kepulauan Calamian, dengan berkemah pulau semalam atau menginap di pondok pantai, ini adalah putuskan hubungan total dengan sangat sedikit turis di sekitar, lalu lihat ekspedisi kami.

Lihat Ekspedisi kami. Atau kunjungi kami di Trip Advisor.

Jika Anda belum berencana untuk merencanakan perjalanan Anda, harap ikuti kami di Instagram @bdbm_coron untuk mengetahui kabar terbaru dan membuat Anda bersemangat untuk perjalanan Anda, tips tentang area dan selengkapnya

Semoga ini bermanfaat bagi Anda, jangan ragu untuk memeriksa ekspedisi kami atau hubungi kami jika ada pertanyaan .

Jadwal perjalanan untuk 2022-2023 sekarang sudah tayang!